Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

VirKillAvatar border
TS
VirKill
Tentang kemungkinan SANTET itu tidak pernah ada
Mumpung lagi seru serunya kontroversi mengenai undang undang anti santet, blog post kali ini akan membahas kenapa sebagian orang tidak percaya santet. Santet secara prinsip adalah secara ghaib mencelakai atau membunuh seseorang. Seorang member di sub forum supranatural di kaskus pernah membuat thread heboh bertajuk “Tolong santet saya”. Berbekal ketidak percayaannya terhadap santet dia tetap hidup. Banyak organisasi ilmu pengetahuan yang menawarkan hadiah uang bagi siapa saja yang bisa membuktikan lewat demonstrasi hal hal supranatural termasuk santet. Satu yang fenomenal adalah cerita tentang Sanal Edamaruku. emoticon-Matabelo

Pada tahun 2008 di India, Mantan kepala mentri daerah Madya Pradesh bernama Uma Bharati menuduh lawan politiknya menggunakan ilmu hitam untuk mencelakainya. Faktanya, dalam beberapa hari Paman dari Uma meninggal dunia, dirinya sendiri terbentur pintu mobil di kepala, dan di kakinya terdapat bekas bekas luka.

Cerita tersebut membuat India TV mengundang ketua Asosiasi Rasionalis India (IRA) Sanal Edamaruku sebagai narasumber dalam acara bertajuk “Tantrik power versus Science. Pihak lain yang juga diundang adalah Pandit Surinder Sharma yang merupakan Guru Spiritual yang sering digunakan oleh para politisi papan atas dan juga terkenal di berbagai acara TV. Dalam acara tersebut Pandit yang merupakan tokoh papan atas dunia supranatural di India mengatakan bahwa salah satu ilmu tertinggi yang dia miliki adalah kemampuan membunuh siapapun yang dia inginkan dalam 3 menit. Dalam kesempatan ini Sanal menantang Pandit untuk membunuhnya dengan ilmu hitam tersebut.

Sanal vs Pandit


Acara ini disiarkan langsung pada 3 Maret 2008 di siang hari, dan dalam waktu sekejap menjadikannya acara dengan rating tertinggi dalam sejarah pertelevisian di India. Pandit yang menyanggupi tantangan itu segera melakukan persiapan dan mulai melayangkan mantra mantranya pada Sanal. Setelah 3 menit berlalu masih tidak terjadi apapun, hingga 5 menit berlalu Sanal masih berdiri dan terlihat baik baik saja. Waktu terus diperpanjang hingga beberapa kali. Acara ini yang seharusnya berdurasi 1 jam pada akhirnya terus berjalan dan membuat banyak acara setelah itu dibatalkan.

Pandit mulai merubah metodenya. Tidak hanya menggunakan mantra, kini ia memercikkan air dan mengayunkaan pisau beberapa kali di sekitar tubuh sanal. Pandit juga mengusap usap rambut Sanal dan menekan pelipisnya dengan ibu jari. Ketika tekanan dari ibu jari makin menguat, Sanal akhirnya berkomentar mengingatkan bahwa pandit seharusnya hanya menggunakan ilmu hitamnya bukan kekuatan fisiknya. Setelah acara berlangsung hampir 2 jam, tak ada apapun yang terjadi, pembawa acara mengumumkan bahwa ilmu hitam Pandit dinyatakan gagal. emoticon-Ngakak

Pandit berkilah bahwa dia gagal karena acara dilakukan siang hari. Dia memiliki metode yang diyakini tidak pernah gagal dilakukan di malam hari dengan persiapan yang lebih matang. Sayangnya, Sanal Edamaruku segera menyambut hal ini dan menantang untuk melakukan hal yang sama malam hari itu juga. Pihak televisi menyanggupinya dan Pandit tidak bisa mengelak. Selama tiga jam jeda, pihak televisi menanyangkan iklan besar besaran agar orang orang di India menonton tayangan tersebut.

Pada malam harinya ritual dilakukan di tempat terbuka. Pandit ditemani dua asistennya menyalakan api dan terus menatap nyala api tersebut. Pandit mengatakan bahwa sekali ritual dimulai, tidak ada jalan keluar. Dalam dua menit Sanal akan menjadi gila, dan menit selanjutnya Sanal akan berteriak kesakitan dan lalu mati. Sanal menerima hal ini dan meminta untuk melanjutkan ritual. Saat ketika ritual di mulai, Pandit beberapa kali mencoba menyentuh Sanal dengan tangannya namuns egera diperingatkan oleh pembawa acara bahwa tidak boleh ada kontak fisik disitu. Beberapa kali asistennya melemparkan serbuk ke dalam api dan membuat nyala api berubah warna. Dalam beberap akali kesempatan pembawa acara harus terus mengingatkan pandit agar tidak menyentuh sanal secara fisik. Hal ini berlangsung terus menerus selama beberapa jam dan tidak ada yang terjadi. Acara berakhir dengan pembawa acara mengumumkan kegagalan ilmu hitam yang didemonstrasikan Pandit.

Sebagai pemimpin dari asosiasi rasionalis India, Sanal memahami banyak trik yang dilakukan oleh “Guru” semacam Pandit. Segala trik ilmu kebal, santet, hingga materialisasi permata dapat diduplikasi secara sempurna dan dijelasskan dengan baik. Sanal sadar bahwa ilmu santet yang diperagakan Pandit tidak memiliki dasar ilmiah untuk dipercaya. Pada umumnya cerita mengenai keberhasilan santet semacam itu hanya beredar dari mulut ke mulut tanpa ada pengujian pembuktian yang fair tanpa kemungkinan adanya faktor lain diluar ilmu hitam yang diklaim keberadaannya itu sendiri. Faktor faktor lain yang dimaksud antara lain:

Terror Psikologis

Seorang audience dalam acara pengujian diatas mengemukakan bahwa atmosfer yang dibangun oleh Pandit melalui ritual tersebut sangatlah menegangkan dan penuh aura mistis sehingga orang berakal sehat sekalipun bisa saja stress mendadak seiring intensitas ketegangan yang timbul. Jika efek ketegangan psikologis ini bisa dicapai, stress yang tinggi bisa mengakibatkan serangan jantung atau gangguan syaraf motorik. [to be continued]

Karena keterbatasankarakter thread kaskus penjelasan selanjutnya mengenai "Nocebo effect, jarum dan sendok di dalam perut, dan kasus lainnya" bisa adibaca lanjut di: http://virkology.wordpress.com/2013/...antet-itu-ada/

CAPEK ngetiknya gan, mohon sumbangan cendol atau sekedar komen. Thanks emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
11.2K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan